MATA KULIAH : Pengantar Teknologi
Informasi
DOSEN : Aris
Syafaat, SE., S.Kom
MAHASISWA : Iis Nur Fitri
Handayani
NIM :
030115551
TK/SEMESTER : 1
PRODI : Akuntansi
HARI/TANGGAL :
Minggu, 25 Oktober 2015
SOAL
1. Jelaskan
peranan dan manfaat teknologi informasi dalam meningkatkan kinerja profesi anda
2. Jelaskan
pembagian komputer berdasarkan penggunaannya
3. Apa
perbedaan sistem operasi open source dan close source serta berikan contohnya
4. Apa yang
dimaksud dengan alat input, proses, output dan sebutkan contoh masing-masing !
5. Jelaskan
perbedaan Netbook dan Notebook
6. Jelaskan
fungsi dari sistem komunikasi data dan bagaimana persyaratan dari sebuah
jaringan komunikasi data
7. Jelaskan
perbedaan teknologi GSM dan CDMA
8. Jelaskan
apa yang dimaksud denga cloud computing
9. Jelaskan
kegunaan dan manfaat internet di bidang pendidikan, perekonomian, dan
pemerintahan serta berikan contoh situs-situsnya
10. Jelaskan
manfaat blog bagi anda dan organisasi atau perusahaan anda
JAWABAN
1.
Peranan dan
Manfaat Teknologi Informasi
Kemajuan
teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu
tempat dan tempat yang lain.
Semakin
maraknya penggunaan Teknologi Informasi akan semakin membuka lapangan
pekerjaan.
Bisnis
yang berbasis Teknologi Informasi atau yang biasa disebut e-commerce dapat
mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan
Informasi
yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan
pendidikan.
2. KOMPUTER
BERDASARKAN KEGUNAAN
a.
Special Purpose Computer
Komputer yang
dirancang untuk kebutuhan khusus Program tertentu sudah tersimpan di dalam
komputernya dapat berupa komputer analog maupun digital umumnya adalah komputer
analog
b.
General Purpose Computer
Komputer yang
dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah Dapat berupa komputer
analog maupun digital Umumnya adalah komputer digital
3.
Open source adalah perangkat lunak dimana kode program
terbuka dan disediakan oleh pengembangnya secara umum agar dapat dipelajari,
diubah atau dikembangkan lebih lanjut dan disebar luaskan. Jika ada pembuat
perangkat lunak yang tidak mengizinkan kode programnya diubah atau
dimodifikasi, maka bukanlah disebut sebagai open source walaupun kode program
dari perangkat lunak tersebut tersedia.
Close Source
adalah Sistem operasi yang codenya tidak dibuka untuk umum, pemilik code yang
close source bisa membagi source codenya melalui lisensi dengan gratis maupun
membayar. meskipun gratis, lisensi tertentu bisa membuat sebuah sistem operasi
tidak sepenuhnya open source. Misalnya jika lisensi tersebut ada larangan untuk
memodifikasi code, maka sistem operasi ini tidak open source.
Perbedaan :
Open Source :
Banyak tenaga (SDM) yang berperan mengerjakan proyek
Kesalahan (bugs, error) lebih cepat ditemukan dan
diperbaiki Kualitas hasil lebih terjamin karena komunitas melakukan evaluasi
Lebih aman Hemat biaya Tidak mengulangi development
Close Source :
·
Kestabilan sistem terjamin karena ada penangung jawab
resmi.
·
Support langsung dari pemilik aplikasi /program.
·
Mudah mendapatkan sertifikasi.
·
Lebih mudah digunakan / dipelajari / dipahami karena
mayoritas pengguna menggunakannya ( pada daerah tertentu ).
Contoh Aplikasi Open Source :
·
GIMP
·
Mplayer
·
Amarok
·
Pidgin
·
OpenOffice.org
·
Wine
·
K3b
·
Firefox
·
Thunderbird
·
Filezilla
Contoh
Aplikasi Close Source :
·
Operating System (Sistem Operasi), contoh : Microsoft
Windows .
·
Languages (Bahasa Pemrograman), contoh : Visual Basic,
ASP, Pascal .
·
Web Browser, contoh : Internet Explorer .
·
Aplication (Aplikasi), contoh : Adobe Photoshop,
CorelDraw .
·
Office Suites (Aplikasi perkantoran), contoh :
Microsoft Office .
·
Server Aplication (Server), contoh : ColdFusion, IIS .
·
Antivirus, contoh : Norton Antivirus, McAfee .
·
Games, contoh : FIFA 2006, Winning Eleven, Spiderma
4. Alat Input Proses dan output
·
Input Device atau biasa disebut perangkat masukan
adalah perangkat yang berguna untuk memasukan data atau perintah ke dalam
komputer.
a.
Keyboard
Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang
digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta
melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard
disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.
b.
Mouse
Mouse adalah sebuah perangkat
masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.
c. Joystick
Joystick adalah alat masukan yang digunakan untuk
memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer.
d. Trackball
Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa
sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.
e.
Lightpen
Lightpen adalah pointer elektronik yang digunakan
untuk memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen(monitor)
f.
Scanner
Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir
mirip dengan mesin fotocopy. Dengan proses penggunaannya mengcopy data objek
lalu dipindahkan kedalam memory komputer yang hasilnya dapat dilihat pada layar
monitor.
·
Alat Proses
Alat Proses adalah CPU (Central Prosesing Unit) yang
merupakan unit proses utama dan terpenting dalam komputer yang mengendalikan
seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca data dari peralatan input,
mengolah atau memproses sampai pada mengeluarkan informasi (Output) ke
peralatan Output.
a. Motherboot
b. Prosesor
c. Memmory
d. Power
Suplay
·
Alat Output
a. Monitor
Monitor adalah sebuah
perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang
dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang
memakai komputer.
b.
Printer adalah perangkat keras keluaran yang digunakan
untuk mencetak data seperti gambar/foto, tulisan pada media kertas.
c. Speaker adalah perangkat keras
yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer.
d. Projecetor adalah perangkat
keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display
dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.
e.
Network Card adalah perangkat keras yang digunakan
sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client.
5. Perbedaan
Netbook Dan Notebook :
·
Ukuran dan berat
Dengan ukuran yang “hanya” 8-10 inchian dan berat yang hanya 1kg-an, tentu
bikin si mungil (netbook) ini lebih mudah dibawa. Sedangkan notebook atau
laptop biasa memiliki ukuran mulai 10-17inchi. Namun memang ada netbook ukuran
14 inchi, namun sepertinya gak cocok deh disebut netbook.
·
2. Input dan Output device
Untuk di netbook rata2 hanya terdapat slot usb. Hal ini karena netbook memang
didesain seringkas mungkin dan lebih content consumption. Sedangkan notebook
kita bisa menemukan optical drive dan slot usb.
·
Harga
Dari harga jelas terdapat perbedaan. Rata-rata netbook dibanderol harga
3-5/6jutaan. Sedangkan notebook minimal US$ 500 atau 5juta-an keatas. * dengan
catatan barang masih baru,bukan BM atau second.
·
Performa
Dengan ditanamkan intel atom dalam netbook, performa netbook bisa dibilang
cukuplah kalo hanya untuk ngenet dan nonton video. Namun kalo untuk ngedit
gambar dan ngegame, sepertinya notebook lebih cocok. Selain itu notebook lebih
cocok dan pas untuk anda yang bekerja secara “komplit”.
·
Segment pengguna
Pengguna netbook lebih cocok untuk pengguna yang menggunakan perangkat ini
untuk berinternet, chatting, mendengarkan musik dan video. Kalau notebook
tugasnya lebih berat lagi, dan lebih cocok untuk mereka yang menciptakan suatu
konten, seperti mengedit video atau gambar.
6. Fungsi dan Syarat Komunikasi data
·
Fungsi
Komunikasi Data
Memungkinkan
penggunaan sistem komputer
peralatan
pendukungnya dr jauh (remote computer use)
Efisiensi
pengiriman data dalam jumlah besar (tanpa kesalahan dan ekonomis)
Sistem
komunikasi data memungkinkan orang dan bisnis yang mempunyai lokasi geografi
Mendukung
manajemen dlm hal kontrol krn memungkinkan penggunaan sistem komputer
secara
terpusat maupun tersebar
Memungkinkan
kemungkinan pengelolaan data dan pengaturan data yg ada dlm berbagai
macam sistem
komputer
Mengurangi
waktu untuk pengolahan data
Mendapat
data langsung dari sumbernya atau memperoleh data bisnis selagi data tersebut
·
Syarat-syarat Jaringan Komunikasi Data :
a.
Standarisasi transaksi. System EDI harus memiliki
standarisasi dokumen yang diberlakukan bagi semua pihak yang terlibat dalam
jaringan tersebut. Standarisasi diterapkan pada format data yang dimasukan
dalam dokumen.
b.
Perangkat lunak terjemahan. Untuk mengubah pesan-pesan
yang masuk dan keluar dari satu pihak ke pihak lain perlu ada perangkat lunak
khusus agar pesan-pesan itu dapat dibaca dan digunakan oleh pihak lain yang
tercakup dalam system EDI.
c.
Fasilitas “mailbox” Perusahaan yang memiliki system
EDI harus menggunakan jaringan value added yang memiliki fasilitas mailbox
sehingga pesan dapat dikirim,disortir, dan disimpan sampai saat diperlukan.
d.
Kerangka peraturan. EDI harus memiliki suatu kerangka
peraturan yang mensyaratkan pihak-pihak yang berperan serta untuk menjamin
keaslian dokumen serta bertanggung jawab atas dokumen tersebut
7. Pada
GSM, digunakan metode TDMA atau Time Division Multiple Access. Terlihat
dari namanya, metode ini menggunakan waktu untuk membentuk jalur tiap sambungan
telepon. Tiap ponsel yang hendak melakukan sambungan mendapat slot waktu
sendiri untuk sambungan tersebut. Jadi, ponsel tersebut hanya dapat mengirim
data GSM pada slot waktu yang telah ditentukan. Akan tetapi hal ini tidak
begitu terasa bagi kita karena rentang waktunya sangat singkat dan berulang
secara periodik.
Sedangkan
CDMA menggunakan metode yang sama dengan namanya, yaitu CDMA (Code Division
Multiple Access). Dengan metode ini, setiap ponsel yang hendak melakukan
sambungan dapat mengirim data CDMA kapan saja. Sebagai pembeda, setiap ponsel
memiliki kode unik untuk mengatur paket data CDMA yang dikirimnya dalam
sambungan telepon. Nantinya, pihak penerima sambungan telepon itu juga hanya
akan menerima data yang menggunakan kode yang sama dengan kode yang digunakan
oleh pengirim itu.
8. adalah
gabungan pemanfaatan teknologi
komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet
('awan'). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan
yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam
diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing
juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.[1]
Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu
layanan (as a
service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet
("di dalam awan") tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli
dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang
membantunya.[4]
Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing
"Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen
tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di
komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer
tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan
lain-lain."
Komputasi awan
adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS,
Web 2.0,
dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa
ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna.
Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis
umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah
web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server.
Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk
pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iClou
9. Manfaat
Internet dalam bidang Perekonomian :
·
Menciptakan
basis bagi klien atau pelanggan
·
Analisa
produk dan pasar
·
Nasehat dan
bantuan pakar di bidangnya
·
Rekruitmen
tenaga kerja dan penyedian lowongan kerja
·
Akses
informasi dan penyebaran informasi
·
Komunikasi
yang cepat dan pengiriman dokumen dengan biaya murah
·
Peluang
bisnis baru
Manfaat
Internet dalam bidang Pemerintahan
·
Menjadi Media Informasi Resmi
·
Menjadi Media
Kampanye Pemerintah
·
Memudahkan
Penyampaian Aspirasi Masyarakat
·
Mempermudah
Masyarakat Mendapatkan Akses Pelayanan Publik
·
Memudahkan Sistem Administrasi
·
Menghemat
Biaya Operasional
·
Menjadi Media
Promosi
·
Mendukung
Keterbukaan Informasi
·
Mengundang
Partisipasi Masyarakat
·
Mempermudah
Koordinasi Kegiata
10.
Manfaat Blog
Blog bisa membuat kita mendapatkan pekerjaan yang
lebih baik dari yang sekarang.
2. Blog bisa
menjadi ajang bisnis.
3.
Mendapatkan tambahan klien dan relasi bisnis.
4. Menjadi
penulis yang lebih baik.
5. Menjadi
penulis di media.
6.
Mendapatkan umpan balik yang cepat.
7. Belajar lebih
banyak tentang karakter dan minat orang.
8.
Pengetahuan Anda tentang info terkini dan bidang keahlian Anda akan terus
terbarui.
9. Blog bisa
menjadi medium ngobrol dengan idola Anda.
10. Blog itu
menjadi “biodata online” atau “profil online” Anda.
11. Blog
yang baik berisi posting yang bermanfaat bagi pembaca.
12. Blog
bisa menjadi sarana pemasaran online.
13. Blog
membangun kepercayaan online.
14.
Memapankan dan meningkatkan keahlian.
15. Dengan
ngeblog, kita otomatis akan learning by doing soal desain web, HTM, dan CSS
yang merupakan “keterampilan bernilai tinggi” (highly valued skills) di msa
kini dan masa depan. Kita juga akan belajar desain grafis, marketing, dan
pemasaran sosial media.
MANFAAT BAGI PERUSAHAAN
1.
Sarana Penjualan Produk
Jika Anda punya produk barang atau jasa yang ingin
dipasarkan di internet, maka Anda harus punya website. Website itu fungsinya
adalah sebagai alat untuk memperkenalkan produk Anda kepada dunia internet.
Dengan banyaknya pemakai internet, Anda punya peluang untuk mendapatkan calon
pembeli dengan jumlah yang cukup banyak juga.
2.
Mempermudah Komunikas
Lewat website, Anda bisa berkomunikasi dengan mudah.
Entah itu dengan klien Anda, dengan teman-teman Anda, dengan calon konsumen dan
sebagainya. Website modern itu dilengkapi dengan berbagai fitur komunikasi yang
memungkinkan kita berbicara dengan pengelola website.
3.
Memperkenalkan Profil Perusahaan Anda
Semakin dikenall profil maka akan makin terkenal
profil tersebut. Sebuah perusahaan atau organisasi tentu mau jika profilnya
dikenal luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi profil
perusahaan adalah salah satu cara yang inovatif.
4.
Mendatangkan Calon Konsumen
Sebuah website juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk
mendatangkan calon konsumen. Banyak
perusahaan yang bisa menggaet klien dari luar daerah atau bahkan luar negeri
lewat website yang mereka miliki. Seperti yang kita ketahui, jumlah pengunjung
website tidak hanya dari Indonesia, tetapi dari luar negeri. Bahkan blog ini
saja sering mendapatkan kunjungan dari luar negeri, terbukti dari banyaknya
komentar asing yang masuk ke blog ini.
5. Menjadi
Sarana Publikasi Resmi Perusahaan Anda
Lewat website, perusahaan Anda bisa menjadikannya
sebagai sarana publikasi resmi. Misalnya perusahaan Anda mengadakan undian
berhadiah, maka informasi seputar kegiatan tersebut bisa ditampilkan lewat
website yang dimiliki. Bahkan, hampir semua perusahaan dituntut untuk memiliki
website.
6.
Branding
Membangun branding juga sangat penting bagi
perusahaan. Nah peran membangun branding juga bisa dilakukan lewat website.
Banyak website yang didesain secara khusus dan memiliki ciri khas tersendiri
dari suatu perusahaan. Untuk itu branding lewat website juga perlu lho .
0 komentar:
Posting Komentar