Senin, 26 Oktober 2015

TUGAS UTS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

MATA KULIAH                        : Pengantar Teknologi Informasi

DOSEN                                    : Aris Syafaat, SE., S.Kom

MAHASISWA                          : Iis Nur Fitri Handayani

NIM                                         : 030115551

TK/SEMESTER                        : 1

PRODI                                    : Akuntansi

HARI/TANGGAL                      : Minggu, 25 Oktober 2015

 

SOAL

1. Jelaskan peranan dan manfaat teknologi informasi dalam meningkatkan kinerja profesi anda

2. Jelaskan pembagian komputer berdasarkan penggunaannya

3. Apa perbedaan sistem operasi open source dan close source serta berikan contohnya

4. Apa yang dimaksud dengan alat input, proses, output dan sebutkan contoh masing-masing !

5. Jelaskan perbedaan Netbook dan Notebook

6. Jelaskan fungsi dari sistem komunikasi data dan bagaimana persyaratan dari sebuah jaringan komunikasi data

7. Jelaskan perbedaan teknologi GSM dan CDMA

8. Jelaskan apa yang dimaksud denga cloud computing

9. Jelaskan kegunaan dan manfaat internet di bidang pendidikan, perekonomian, dan pemerintahan serta berikan contoh situs-situsnya

10. Jelaskan manfaat blog bagi anda dan organisasi atau perusahaan anda

 

 

JAWABAN

 

1.               Peranan dan Manfaat Teknologi Informasi

Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain.

Semakin maraknya penggunaan Teknologi Informasi akan semakin membuka lapangan pekerjaan.

Bisnis yang berbasis Teknologi Informasi atau yang biasa disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan

Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.

2.       KOMPUTER BERDASARKAN KEGUNAAN

a.       Special Purpose Computer

 Komputer yang dirancang untuk kebutuhan khusus Program tertentu sudah tersimpan di dalam komputernya dapat berupa komputer analog maupun digital umumnya adalah komputer analog

b.      General Purpose Computer

 Komputer yang dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah Dapat berupa komputer analog maupun digital Umumnya adalah komputer digital

 

3.         Open source adalah perangkat lunak dimana kode program terbuka dan disediakan oleh pengembangnya secara umum agar dapat dipelajari, diubah atau dikembangkan lebih lanjut dan disebar luaskan. Jika ada pembuat perangkat lunak yang tidak mengizinkan kode programnya diubah atau dimodifikasi, maka bukanlah disebut sebagai open source walaupun kode program dari perangkat lunak tersebut tersedia.

 Close Source adalah Sistem operasi yang codenya tidak dibuka untuk umum, pemilik code yang close source bisa membagi source codenya melalui lisensi dengan gratis maupun membayar. meskipun gratis, lisensi tertentu bisa membuat sebuah sistem operasi tidak sepenuhnya open source. Misalnya jika lisensi tersebut ada larangan untuk memodifikasi code, maka sistem operasi ini tidak open source.

 Perbedaan :

Open Source :

Banyak tenaga (SDM) yang berperan mengerjakan proyek

Kesalahan (bugs, error) lebih cepat ditemukan dan diperbaiki Kualitas hasil lebih terjamin karena komunitas melakukan evaluasi Lebih aman Hemat biaya Tidak mengulangi development

      

Close Source :

·         Kestabilan sistem terjamin karena ada penangung jawab resmi.

·         Support langsung dari pemilik aplikasi /program.

·         Mudah mendapatkan sertifikasi.

·         Lebih mudah digunakan / dipelajari / dipahami karena mayoritas pengguna menggunakannya ( pada daerah tertentu ).

 

    Contoh Aplikasi Open Source :

·         GIMP

·         Mplayer

·         Amarok

·         Pidgin

·         OpenOffice.org

·         Wine

·         K3b

·         Firefox

·         Thunderbird

·         Filezilla

Contoh Aplikasi Close Source :

·         Operating System (Sistem Operasi), contoh : Microsoft Windows .

·         Languages (Bahasa Pemrograman), contoh : Visual Basic, ASP, Pascal .

·         Web Browser, contoh : Internet Explorer .

·         Aplication (Aplikasi), contoh : Adobe Photoshop, CorelDraw .

·         Office Suites (Aplikasi perkantoran), contoh : Microsoft Office .

·         Server Aplication (Server), contoh : ColdFusion, IIS .

·         Antivirus, contoh : Norton Antivirus, McAfee .

·         Games, contoh : FIFA 2006, Winning Eleven, Spiderma

 

4.      Alat Input Proses dan output

·         Input Device atau biasa disebut perangkat masukan adalah perangkat yang berguna untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer.

a.      Keyboard

Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.

b.      Mouse

Mouse adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.

 

 

c.       Joystick

Joystick adalah alat masukan yang digunakan untuk memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer.

d.      Trackball
Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.

e.       Lightpen

Lightpen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen(monitor)

f.       Scanner

Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin fotocopy. Dengan proses penggunaannya mengcopy data objek lalu dipindahkan kedalam memory komputer yang hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.

 

·         Alat Proses

Alat Proses adalah CPU (Central Prosesing Unit) yang merupakan unit proses utama dan terpenting dalam komputer yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah atau memproses sampai pada mengeluarkan informasi (Output) ke peralatan Output.

a.       Motherboot

b.      Prosesor

c.       Memmory

d.      Power Suplay

 

·         Alat Output

a.       Monitor

Monitor adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer.

b.         Printer adalah perangkat keras keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti gambar/foto, tulisan pada media kertas.

c.       Speaker adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer.

d.      Projecetor adalah perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.

e.         Network Card adalah perangkat keras yang digunakan sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client.

 

5.      Perbedaan Netbook Dan Notebook :

·         Ukuran dan berat
Dengan ukuran yang “hanya” 8-10 inchian dan berat yang hanya 1kg-an, tentu bikin si mungil (netbook) ini lebih mudah dibawa. Sedangkan notebook atau laptop biasa memiliki ukuran mulai 10-17inchi. Namun memang ada netbook ukuran 14 inchi, namun sepertinya gak cocok deh disebut netbook.

·         2. Input dan Output device
Untuk di netbook rata2 hanya terdapat slot usb. Hal ini karena netbook memang didesain seringkas mungkin dan lebih content consumption. Sedangkan notebook kita bisa menemukan optical drive dan slot usb.

·         Harga
Dari harga jelas terdapat perbedaan. Rata-rata netbook dibanderol harga 3-5/6jutaan. Sedangkan notebook minimal US$ 500 atau 5juta-an keatas. * dengan catatan barang masih baru,bukan BM atau second.

·         Performa
Dengan ditanamkan intel atom dalam netbook, performa netbook bisa dibilang cukuplah kalo hanya untuk ngenet dan nonton video. Namun kalo untuk ngedit gambar dan ngegame, sepertinya notebook lebih cocok. Selain itu notebook lebih cocok dan pas untuk anda yang bekerja secara “komplit”.

·         Segment pengguna
Pengguna netbook lebih cocok untuk pengguna yang menggunakan perangkat ini untuk berinternet, chatting, mendengarkan musik dan video. Kalau notebook tugasnya lebih berat lagi, dan lebih cocok untuk mereka yang menciptakan suatu konten, seperti mengedit video atau gambar.

6.       Fungsi dan Syarat Komunikasi data

·         Fungsi Komunikasi Data

    Memungkinkan penggunaan sistem komputer

    peralatan pendukungnya dr jauh (remote computer use)

    Efisiensi pengiriman data dalam jumlah besar (tanpa kesalahan dan ekonomis)

    Sistem komunikasi data memungkinkan orang dan bisnis yang mempunyai lokasi geografi

    Mendukung manajemen dlm hal kontrol krn memungkinkan penggunaan sistem komputer

   secara terpusat maupun tersebar

    Memungkinkan kemungkinan pengelolaan data dan pengaturan data yg ada dlm berbagai

    macam sistem komputer

    Mengurangi waktu untuk pengolahan data

    Mendapat data langsung dari sumbernya atau memperoleh data bisnis selagi data tersebut

·         Syarat-syarat Jaringan Komunikasi Data :

a.       Standarisasi transaksi. System EDI harus memiliki standarisasi dokumen yang diberlakukan bagi semua pihak yang terlibat dalam jaringan tersebut. Standarisasi diterapkan pada format data yang dimasukan dalam dokumen.

b.      Perangkat lunak terjemahan. Untuk mengubah pesan-pesan yang masuk dan keluar dari satu pihak ke pihak lain perlu ada perangkat lunak khusus agar pesan-pesan itu dapat dibaca dan digunakan oleh pihak lain yang tercakup dalam system EDI.

c.       Fasilitas “mailbox” Perusahaan yang memiliki system EDI harus menggunakan jaringan value added yang memiliki fasilitas mailbox sehingga pesan dapat dikirim,disortir, dan disimpan sampai saat diperlukan.

d.      Kerangka peraturan. EDI harus memiliki suatu kerangka peraturan yang mensyaratkan pihak-pihak yang berperan serta untuk menjamin keaslian dokumen serta bertanggung jawab atas dokumen tersebut

7.       Pada GSM, digunakan metode TDMA atau Time Division Multiple Access. Terlihat dari namanya, metode ini menggunakan waktu untuk membentuk jalur tiap sambungan telepon. Tiap ponsel yang hendak melakukan sambungan mendapat slot waktu sendiri untuk sambungan tersebut. Jadi, ponsel tersebut hanya dapat mengirim data GSM pada slot waktu yang telah ditentukan. Akan tetapi hal ini tidak begitu terasa bagi kita karena rentang waktunya sangat singkat dan berulang secara periodik.

Sedangkan CDMA menggunakan metode yang sama dengan namanya, yaitu CDMA (Code Division Multiple Access). Dengan metode ini, setiap ponsel yang hendak melakukan sambungan dapat mengirim data CDMA kapan saja. Sebagai pembeda, setiap ponsel memiliki kode unik untuk mengatur paket data CDMA yang dikirimnya dalam sambungan telepon. Nantinya, pihak penerima sambungan telepon itu juga hanya akan menerima data yang menggunakan kode yang sama dengan kode yang digunakan oleh pengirim itu.

8.      adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.[1] Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet ("di dalam awan") tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.[4] Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing "Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain."

Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iClou

9.       Manfaat Internet dalam bidang Perekonomian :

·            Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan

·            Analisa produk dan pasar

·            Nasehat dan bantuan pakar di bidangnya

·            Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerja

·            Akses informasi dan penyebaran informasi

·            Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan biaya murah

·            Peluang bisnis baru

Manfaat Internet dalam bidang Pemerintahan

·         Menjadi Media Informasi Resmi

·            Menjadi Media Kampanye Pemerintah

·            Memudahkan Penyampaian Aspirasi Masyarakat

·            Mempermudah Masyarakat Mendapatkan Akses Pelayanan Publik

·            Memudahkan Sistem Administrasi

·            Menghemat Biaya Operasional

·            Menjadi Media Promosi

·            Mendukung Keterbukaan Informasi

·            Mengundang Partisipasi Masyarakat

·            Mempermudah Koordinasi Kegiata

10.   Manfaat Blog

Blog bisa membuat kita mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari yang sekarang.

    2. Blog bisa menjadi ajang bisnis.

    3. Mendapatkan tambahan klien dan relasi bisnis.

    4. Menjadi penulis yang lebih baik.

    5. Menjadi penulis di media.

    6. Mendapatkan umpan balik yang cepat.

    7. Belajar lebih banyak tentang karakter dan minat orang.

    8. Pengetahuan Anda tentang info terkini dan bidang keahlian Anda akan terus terbarui.

    9. Blog bisa menjadi medium ngobrol dengan idola Anda.

    10. Blog itu menjadi “biodata online” atau “profil online” Anda.

    11. Blog yang baik berisi posting yang bermanfaat bagi pembaca.

    12. Blog bisa menjadi sarana pemasaran online.

    13. Blog membangun kepercayaan online.

    14. Memapankan dan meningkatkan keahlian.

    15. Dengan ngeblog, kita otomatis akan learning by doing soal desain web, HTM, dan CSS yang merupakan “keterampilan bernilai tinggi” (highly valued skills) di msa kini dan masa depan. Kita juga akan belajar desain grafis, marketing, dan pemasaran sosial media.

MANFAAT BAGI PERUSAHAAN

1.       Sarana Penjualan Produk

Jika Anda punya produk barang atau jasa yang ingin dipasarkan di internet, maka Anda harus punya website. Website itu fungsinya adalah sebagai alat untuk memperkenalkan produk Anda kepada dunia internet. Dengan banyaknya pemakai internet, Anda punya peluang untuk mendapatkan calon pembeli dengan jumlah yang cukup banyak juga.

2.       Mempermudah Komunikas

Lewat website, Anda bisa berkomunikasi dengan mudah. Entah itu dengan klien Anda, dengan teman-teman Anda, dengan calon konsumen dan sebagainya. Website modern itu dilengkapi dengan berbagai fitur komunikasi yang memungkinkan kita berbicara dengan pengelola website.

3.       Memperkenalkan Profil Perusahaan Anda

Semakin dikenall profil maka akan makin terkenal profil tersebut. Sebuah perusahaan atau organisasi tentu mau jika profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi profil perusahaan adalah salah satu cara yang inovatif.

4.       Mendatangkan Calon Konsumen

Sebuah website juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendatangkan calon konsumen.  Banyak perusahaan yang bisa menggaet klien dari luar daerah atau bahkan luar negeri lewat website yang mereka miliki. Seperti yang kita ketahui, jumlah pengunjung website tidak hanya dari Indonesia, tetapi dari luar negeri. Bahkan blog ini saja sering mendapatkan kunjungan dari luar negeri, terbukti dari banyaknya komentar asing yang masuk ke blog ini.

 

5.       Menjadi Sarana Publikasi Resmi Perusahaan Anda

Lewat website, perusahaan Anda bisa menjadikannya sebagai sarana publikasi resmi. Misalnya perusahaan Anda mengadakan undian berhadiah, maka informasi seputar kegiatan tersebut bisa ditampilkan lewat website yang dimiliki. Bahkan, hampir semua perusahaan dituntut untuk memiliki website.

6.       Branding

Membangun branding juga sangat penting bagi perusahaan. Nah peran membangun branding juga bisa dilakukan lewat website. Banyak website yang didesain secara khusus dan memiliki ciri khas tersendiri dari suatu perusahaan. Untuk itu branding lewat website juga perlu lho  .

 

 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More